Diduga Asal Jadi, Belum Sebulan Proyek BPBD Humbahas di Parlilitan Sudah Hancur

HUMBAHAS, METRODAILY.id– Proyek Tembok Penahan Tanah (TPT) sekaligus saluran drainase di Dusun Palenggam, Desa Sionom Hudon Timur, Kecamatan Parlilitan, Humbang Hasundutan (Humbahas) yang baru saja selesai dikerjakan sudah hancur.

Diduga pekerjaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbahas tahun anggaran 2021 yang dikerjakan oleh Cv Davidson itu dikerjakan asal jadi demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Padahal, menurut warga proyek tadi belum ada sebulan.

Bacaan Lainnya

Amatan wartawan, Selasa (11/01) pekerjaan lebih kurang 200 meter itu kondisinya sudah memprihatinkan. Lantai sepanjang saluran sudah kupak-kapik. Banyak berlobang, plesteran terkelupas. Batu pasang banyak yang tidak menempel dengan baik, bahkan ada yang ambruk.

M Tinambunan (62), salahseorang warga setempat mengaku kecewa dengan hasil pekerjaan tersebut. Menurut Dia proyek itu sangat amburadul. “Padahal, pemerintah dalam hal ini bapak bupati Dosmar sudah berbaik hati memberikan bangunan ke desa kami, tapi karna ulah rekanan nakal hasilnya seperti ini,” Ujar M Tinambunan dengan nada kesal.

Hal senada dikatakan S Tinambunan. Menurut pangakuannya, dari awal dia sudah melihat dan mempertanyakan pola kerja proyek yang ada di dekat rumahnya itu. “Namun mereka mengatakan bahwa mereka hanya upahan yang bekerja sesuai perintah dari bosnya,” ujar S Tinambunan yang juga tokoh masyarakat di Desa itu.

Dia juga mempertanyakan di mana kekurangannya: apakah perencanaan yang kurang atau karna tidak ada pengawasan atau memang rekanan yang nakal. “Masa, kita kopek dengan jari saja plesterannya terkelupas. Proyek macam apa itu,” ketusnya.

Karenanya dia berharap agar pihak terkait meninjau serta menindaklanjuti proyek tersebut agar bermanfaat bagi desanya.

Sementara itu, sampai berita ini dikirimkan, BPBD belum dapat memberi keterangan. (Sht)

iklan

Pos terkait