Fasilitasi Pelatihan 42 Pelajar SMP di Samosir, Martin Manurung Beri Motivasi Sukses

JAKARTA, METRODAILY.id– Anggota DPR RI Martin Manurung kembali memfasilitasi pelatihan untuk pelajar di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kali ini 42 pelajar kelas 3 SMP mengikuti pelatihan untuk persiapan seleksi masuk SMA Unggul yang ada di Kawasan Danau Toba.

Dalam acara penutupan pelatihan dan pemberangkatan pelajar di Samosir, Sabtu (12/2/2022), Martin menyampaikan motivasi sukses pada para pelajar.

Ketua DPP Partai NasDem tersebut meminta para pelajar agar berdoa dan bekerja keras untuk mempersiapkan diri dalam seleksi ini.

“Untuk anak-anakku yang akan berjuang dalam seleksi masuk SMA Unggulan, sampaikan seluruh mimpi dan cita-citamu kepada Tuhan. Ketika saya dulu mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) tahun 1996, saya datang beberapa hari sebelumnya ke tempat tes, dan saya berdoa, untuk menyerahkannya kepada Tuhan,” ujar Martin melalui sambungan virtual.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini juga mengingatkan para pelajar untuk memanfaatkan setiap momentum kehidupan, khususnya saat masih dalam masa pendidikan.

“Momentum tidak datang berkali-kali. Momentum hanya datang sekali, karena itu jangan sia-siakan. Bekerjalah dengan keras. Jadi kita berhasil bukan karena orang tua kita siapa, jaringan kita siapa. Bukan itu. Sebenarnya yang bisa membuat kita berhasil atau tidak berhasil adalah diri kita sendiri,” ujar legislator yang terpilih dari Dapil Sumatera Utara II tersebut.

Martin juga berharap, materi yang telah dibuat oleh para tutor dan disampaikan dalam pelatihan ini dapat disebarluaskan kepada guru dan siswa di Samosir, dan dipelajari secara mandiri oleh siswa kelas III SMP di seluruh Samosir.

“Materi pelatihan ini kita harapkan agar bisa diterima dan dipelajari oleh 3.500 siswa kelas 3 SMP di Kabupaten Samosir. Jadi semua bisa mempelajari,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan semacam ini sebenarnya sudah lama dilaksanakan Martin. Bahkan, sebelum menjadi anggota DPR RI.

Tidak hanya untuk para pelajar, program yang diberi nama Martin Mengajar (MM) ini juga sudah dirasakan oleh para guru-guru yang ada di daerah pemilihannya di Sumatera Utara 2.

Pada 2021, Program Martin Mengajar untuk pelajar Kelas III SMP telah berhasil menghantarkan 85% peserta yang dilatihnya lulus dan masuk ke SMA Unggul di Kawasan Danau Toba. SMA Unggul yang dimaksud antara lain: SMA Negeri 2 Balige, Sekolah Unggul DEL, SMA Negeri Lintong dan SMA Unggul Matauli Sibolga.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyampaikan terima kasih kepada Martin Manurung atas perhatiannya kepada Kabupaten Samosir, khususnya dalam sektor pendidikan. Ia berharap perhatian dan sinergitas seperti ini terus berlanjut.

Vandiko juga memberi motivasi kepada pelajar yang telah mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Martin.

“Kalian siswa siswi terbaik, jangan merasa minder, walau dari daerah kita harus buktikan kalau kita bisa bersaing. Untuk beasiswa, saya pasti akan memberikan untuk pelajar berprestasi, khususnya yang tidak mampu,” kata Vandiko Gultom.

Vionauli Tamba, salah satu pelajar peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Martin Manurung dan tim Martin Manurung Centre (MMC) yang telah memfasilitasi pelatihan ini.

“Terima kasih kepada Bapak Martin Manurung dan tim Martin Manurung Centre yang sudah sangat baik mau menyiapkan tutor yg hebat ini untuk kami, yaitu untuk pelatihan persiapan masuk tes SMA unggulan. Semoga yang kami cita-citakan dapat tercapai,” kata Vionauli Tamba. (rel)

iklan

Pos terkait